Tags

GUNUNG

Dalam pemahaman tradisional dianggap sebagai puncak dunia, sekaligus tempat terdekat dengan surga. Tak heran jika beberapa gunung di dunia disucikan oleh beberapa suku dan agama. Berikut beberapa gunung di dunia yang dianggap suci:

1. Gunung Olimpus, Yunani

Gunung Olimpus dipercaya sebagai tempat tinggal 12 dewa dalam mitos Yunani kuno. Puncak Olimpus bernama Mytikas, merupakan singasana Dewa Zeus. Gunung tertinggi di Yunani ini memiliki ketinggian 2.919 meter. Di Gunung Olimpus tumbuh 1.700 spesies flora yang berbeda.

2. Gunung Fuji, Jepang

Gunung Fuji merupakan simbol Negara Jepang. Di balik puncaknya yang selalu diselimuti es, gunung ini sangat disakralkan umat Buddha dan Shinto. Mereka menganggap Fuji sebagai istana Dewi Api dan Danichi Nyorai atau Dewa Matahari. Hampir 200.000 ribu pendaki memadati gunung setinggi 3.776 meter ini setiap musim pendakian pada Juli dan Agustus.

3. Gunung Agung, Bali, Indonesia

Orang Hindu Bali percaya bahwa gunung ini menjadi pusat jagat raya. Karenanya, umat Hindu seringkai mendaki Gunung Agung pada beberapa perayaan agama. Gunung berapi yang memiliki tinggi 3.142 meter tersebut berdiri kokoh di bagian timur Bali. Pura Besakih, pura terbesar di Bali, berada di lerengnya.

4. Gunung Salib Suci, Colorado

Legenda salib besar yang berada di gunung berbatu Colorado terbukti benar, saat fotografer William Henry Jackson kembali dari ekspedisi pada 1873 dengan foto puncak yang mengagumkan. Gunung yang memiliki tinggi 4.267 meter itu terletak bagian utara wilayah Sawatch. Gunung Salib Suci menjadi tempat peziarahan favorit para umat Kristen.

5. Gunung Everest, Nepal

Banyak orang mengenal Everest sebagai gunung tertinggi di dunia, dengan ketinggian 8.848 meter. Namun, orang Tibet menyebut Gunung Everest sebagai sumber dari jagat raya. Sedangkan orang Nepal menyebutnya sebagai Dewi Langit. Everest merupakan bagian dari pegunungan Himalaya yang tertutup salju abadi yang menyatukan dataran Nepal dan Tibet di RRC.

6. Gunung Nebo, Yordania

Gunung Nebo dipercaya sebagai tempat Nabi Musa menemukan tanah yang dijanjikan Tuhan (Promised Land). Umat Kristen juga percaya, gunung Nebo menjadi tempat meninggalnya sang Nabi. Saat sedang cerah, dari puncak Nebo dapat terlihat Laut Mati, Bethlehem, Yerusalem, Sungai Yordania, Jericho dan Gunung Olive.

7. Gunung Kailash, China

Kailash merupakan gunung yang disakralkan lima agama, yaitu Ayyavazhi, Buddha, Hindu, Jain dan Bonpo. Setiap tahunnya, mereka melakukan ritual Kora, yaitu mengelilingi Gunung Kailash sepanjang 51 kilometer. Dipercaya, melakukan Kora dapat menghapus dosa selama hidup di dunia. Menginjakkan kaki di gunung ini sebagai tindakan yang melanggar kesucian. Masyarakat Hindu percaya kalau Kailash adalah rumah bagi Dewa Siwa dan tempat terciptanya kehidupan abadi. Gunung Kailash berada di dekat hulu sungai-sungai terpanjang di Asia yakni Indus, Sutlej, Brahmaputra dan Karnali.

8. Gunung Croagh Patrick, Irlandia

Bangsa Celtic pra-Kristen menganggap Dewa Crom Dubh tinggal di Gunung Croagh Patrick. Kemudian Santa Patrick, yang membawa agama Kristen ke Irlandia, pernah melakukan perjalanan selama 40 hari untuk berpuasa dan berdoa di puncak gunung. Hal tersebut membuat jutaan peziarah melakukan perjalanan suci setiap tahunnya untuk berdoa di puncak salib.(Wtr4)

Metronews 10-06-2012