Tags

BAGI mereka yang memiliki riwayat alergi, memilih makanan memang susah-susah gampang, bahkan cenderung merepotkan. Meski demikian, pemilihan makanan memang menjadi hal yang mutlak jika tidak ingin alergi muncul kembali. Nah, seperti yang dikutip dari laman Timesofindia, berikut adalah apa saja yang harus sedikit dihindari.

1. Ikan dan daging: Ikan dan daging dikatakan menimbulkan reaksi alergi pada beberapa individu. Reaksi-reaksi ini terutama menyebabkan urtikaria (infeksi kulit dan rasa gatal), gangguan gastrointestinal dan bahkan asma.

2. Kacang : menurut seorang ahli gizi, Mansi Belani, kacang menyebabkan reaksi alergi seperti gangguan pada masalah perut, dan ruam pada kulit.

3. Kacang kedelai: Kehadiran phytoestrogen dan tingginya kandungan serat dalam kacang kedelai dikatakan menyebabkan masalah pencernaan seperti stomatitis, diare kembung, dan sakit perut.

4. Bagi Jivesh Shetty, salah seorang ahli gizi, sayuran lainnya seperti wortel, bayam, kubis, bawang, bawang putih, kembang kol, kentang manis dan labu juga dikatakan menyebabkan reaksi alergi seperti ruam kulit, sakit perut dan masalah lambung.

5. Tepung terigu: gluten gandum dikatakan alergen. Ini telah dikaitkan dengan mempercepat gejala penyakit celiac pada beberapa orang. “Penyakit celiac adalah suatu kondisi yang merusak lapisan usus kecil dan mencegah dari menyerap nutrisi penting,” papar Belani. Gluten juga ditemukan dalam barley, gandum dan gandum hitam.

6. Susu sapi: Protein kasein dan beta-lactoglubin dikenal sebagai alergen utama. Shetty mengatakan, ketika dikonsumsi susu sapi merangsang reaksi alergi lain termasuk sakit perut, gerakan longgar, rasa mual, dan lainnya.

7. Belani mengungkapkan, konsumsi telur bagi mereka yang mengidap alergi tententu bisa merangsang jenis masalah kulit seperti kemerahan dan ruam pada kulit.(MI/BEY)

Metronews 10-06-2012