Tags

KURANG
tidur tak hanya berdampak buruk bagi kinerja dan kehidupan seks, tapi juga kesehatan menyeluruh. Pada wanita, ini dikaitkan dengan perasaan benci, depresi, dan kemarahan. Kurang tidur, bahkan bisa memicu risiko tinggi pada diabetes dan penyakit jantung. Berikut ini cara nyata untuk mendapatkan tidur yang Anda butuhkan:

1. Waspada dengan gangguan suara
Suami yang mendengkur seperti bunyi truk atau apa pun yang membuat Anda terjaga, enyahkan dengan musik pengantar tidur. Anda bisa menggunakan headphone berbahan lembut.

2. Siapkan tubuh Anda
Ketika Anda pergi tidur, coba teknik relaksasi progresif, saran Catherine Darley, Direktur Institute of Naturopathic Sleep Medicine di Seattle. Remas jari kaki erat-erat selama tujuh kali, lalu rileks. Ulangi pada setiap bagian otot, dari jari kaki hingga leher Anda.

3. Menulis
Rutinitas harian Anda mempengaruhi seberapa baik Anda tidur. Buku catatan harian dapat membantu Anda membuat koneksi tersebut, kata Stephanie Silberman, PhD, penulis The Insomnia Workbook. Setiap hari, catat berapa banyak kafein yang diminum, kapan dan berapa lama berolahraga, apa yang dimakan, ketika Anda hendak tidur dan berapa lama tidur. Bagi catatan harian tersebut ke spesialis tidur untuk dianalisa.

4. Tetap tenang
Banyak orang mudah terlelap dalam ruangan bersuhu dingin, menurut Silberman. Atur alat pengimbang panas Anda sekitar 65 derajat Celcius atau lebih rendah. Jika berkeringat pada malam hari, jauhkan selimut. Gunakan sprei atau piyama berbahan katun yang tidak panas.

5. Tetap Rileks
Alih-alih merenungkan kejadian hari ini ketika Anda di tempat tidur, cobalah jurnal hal-hal besar setidaknya dua jam sebelumnya. Sehingga pikiran Anda tidak balapan ketika pada akhirnya menyerah untuk tidur, kata Darley. Sebelum tidur, cobalah peregangan yang santai. Bayangkan saat Anda berada di pantai. Seiring waktu, rutinitas baru ini akan membantu otak Anda untuk segera tidur.(Health/Wrt1)

Metrotvnews.com 09-06-2012