Tags

Latihan Otak Hindari Lupa Ingatan

VIVAlife – Apakah Anda sering lupa saat meletakkan sesuatu seperti kunci, handphone, atau dompet? Hal ini mungkin sering terjadi dalam kehidupan kita semua. Akibatnya, kita akan butuh banyak energi dan waktu untuk mencarinya.

Daya ingat seseorang akan mulai berkurang seiring bertambahnya usia. Jadi jangan heran, jika melihat kakek atau nenek Anda sedikit lupa ingatan. Meski begitu, penurunanan daya ingat otak juga dapat terjadi pada usia muda.

Untuk menghindari hal tersebut, otak harus dilatih sejak dini. Berikut ini adalah beberapa cara untuk melatih otak agar tetap pintar dan tidak mudah pikun, seperti dilansir oleh Boldsky.

Memory game
Banyak orang yang menderita Alzheimer di saat tua. Memori adalah salah satu tempat di otak yang paling penting. Di sini semua ingatan tersimpan di dalamnya. Cobalah untuk mengingat semua nama teman sekolah Anda untuk menguji memori otak Anda.

Latihan Logika
Logika adalah hasil dari pemikiran manusia yang tanpa menggunakan landasan teori. Paling sering kita menggunakan logika saat sedang tidak sadar. Tetapi saat latihan otak, Anda harus menggunakannya secara sadar.
Misalnya, Anda dapat mencoba memecahkan masalah politik saat sedang santai.

Bermain puzzle
Ini mungkin terdengar seperti kekanak-kanakan. Tetapi, memecahkan teka-teki gambar adalah cara terbaik untuk menjaga visual otak Anda secara fungsional. Atau Anda juga dapat memainkan atau mengisi teka teki silang saat pulang kantor.

Keterampilan linguistik
Latihan otak bukan hanya tentang kemampuan kognitif saja. Bahasa juga menempati ruang yang penting dalam pikiran. Banyak ahli bahasa yang mengatakan bahwa kita belajar bahasa melalui insting. Cara terbaik untuk merangsang keterampilan linguistik adalah dengan belajar bahasa baru.

Vivanews.com
RABU, 13 JUNI 2012, 09:42 WIB Mona Indriyani